Makanan Yang Menyehatkan Jantung

25 Juni 2018 | 03:45:27 0 Komentar
Image

Makanan Yang Menyehatkan Jantung

Penyakit nomor satu mematikan di dunia ialah penyaki jantung selain juga ada penyakit cancer, dimana penyakit jantung ini hampir setengah juta orang meninggal  setiap tahunnya. Pada wanita, penyakit degeneratif ini tercatat membunuh satu dari empat wanita. Itu artinya bahwa penyakit jantung tiga kali lebih mematikan dibandingakn kanker payudara. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung, untuk melawan penyakit jantung yang sangat berbahaya ini yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, utamanya pada pola makan yang sehat dan olahraga. Menjaga asupan makanan yang sehat, menjadi langkah yang sangat baik untuk menurunkan serendah-rendahnya resiko penyakit jantung.

Bahaya kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh

Masalah kolesterol jahat jika diabaikan saja, mengakibatkan hal yang sangat buruk, yaitu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah dan atherosclerosis (sebuah kondisi terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri), hal tersebut menjadi penyebab utama terjadinya serangan jantung pada seseorang. Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas tahun 2004) menunjukan hasil bahwa sebanyak tiga penyebab penyakit jantung dan stroke, yaitu karena kebiasaan buruk merokok, kurangnya aktivitas fisik (olahraga) dan pola makan yang tidak seimbang. Diuraikan juga bahwa pola gaya hidup sekecil apapun sebenarnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, termasuk menurunkan risiko serangan jantung.

Kolesterol dalam jumlah berlebihan ini dapat memberi efek tidak baik, sama halnya dengan kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi dari ambang normal. Jika demikian hasilnya, umumnya dokter akan menyarankan kita untuk mengatur pola makan dan beralih ke gaya hidup yang sehat. Kolesterol jahat atau Low density lypoprotein(LDL), dan jenis kolesterol High Density Lipoprotein(HDL), yang juga disebut dengan kolesterol baik. Apabila kelebihan kolesterol dalam darah, yang bisa disebabkan oleh faktor genetik atau karena akibat dari penyakit lainnya. Masalah lain yang  dapat menumpuk kelebihan kolesterol adalah hasil dari akumulasi kebiasaan makan yang buruk, diet yang tidak seimbang yang tinggi lemak hewani, gaya hidup tak sehat, konsumsi alkohol , daging minyak jelanta, jeroan, lemak hewani, dll. 

Memiliki kadar kolesterol dalam darah sebesar 240 dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga 50 %, apabila dibandingkan dengan orang dengan tingkat kolesterol 200. Walaupun hanya perbedaan kecil, tapi ini dampaknya bisa sangat signifikan. Jika hasil tes menunjukkan bahwa kadar kolesterol Anda terlalu tinggi, maka strategi yang bisa dicoba untuk menurunkannya adalah merubah kepada gaya hidup yang sehat. Utuk itu maka disarankan untuk kita mengonsumsi makanan untuk menyhatkan jantung kita seperti sebagai berikut :

 

1. Komsumsi apel
Menurut satu penelitian, konsumsi mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa kandungan di dalam apel bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, serta menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh. Hal ini karena buah apel mengandung fitonutrien, quercetin dan pektin. Kandungan quercetin mampu mencegah peradangan dan asma, dan diduga mampu mencegah kanker. Kandungan pektin adalah serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah.

2. Konsumsi ikan
Asupan asam lemak omega-3 sangat penting untuk mencegah penyakit jantung. Ikan menjadi sumber asupan asam lemak omega-3 yang tinggi. Anda bisa konsumsi ikan sarden, tuna, atau salmon. Disarankan sedikitnya mengonsumsinya dua kali dalam seminggu.

3. Anggur
Buah anggur dinilai bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin. Kandungan quercetin melindungi pembuluh darah dari terjadinya masalah penyumbatan.

4. Biji-bijian utuh
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung, merupakan sumber utama karbohidrat, mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, magnesium). Manfaatnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dll.

5. Kubis
Kubis kaya akan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan organ jantung. Selain itu terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi.

6. Buah beri
Berbagai jenis buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry. Semuanya kaya akan serat dan antioxidan yang bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung.


7. Oatmeal
Disarankan Anda memasukan semangkuk oatmeal pada salah satu menu sarapan Anda. Setidaknya konsumsi oatmeal beberapa kali dalam seminggu. Oatmeal kaya akan asam lemak omega-3, folat, dan potasium. Makanan ini juga kaya serat yang membantu untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menjaga kesehatan arteri.

8. Alpukat
Alpukat banyak mengandung serat dan vitamin, serta lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak jahat (LDL), guna mencegah penyumbatan dan gangguan pada arteri jantung. Alpukat dapat membantu meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh Anda. "Alpukat mengagumkan," kata Stephen T. Sinatra, MD, seorang ahli kesehatan jantung, dan penulis buku “Lower Your Blood Pressure In Eight Weeks”. "Alpukat memungkinkan penyerapan karotenoid terutama beta-karoten dan lycopene yang penting untuk kesehatan jantung."jelasnya.

9. Minyak zaitun
Minyak zaitan mengandung asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat dan potassium. Kandungan di dalam minyak zaitun tersebut bermanfaat menyehatkan jantung dan mencegah munculnya sesak nafas akibat jantung tersumbat. Selain itu mencegah terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh yang mengakibatkan aliran darah tersendat. Komposisi lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan resiko penyakit jantung. Hasil stiudi dari tujuh negara, meneliti tentang insiden penyakit kardiovaskular di seluruh dunia, hasil stidu menunjukkan bahwa pada mereka yang terkena tingkat kolesterol tinggi, tenyata mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan kematian karena mengonsumsi minyak zaitun. “Kenari kaya akan asam lemak omega-3, juga almond dan kacang macadamia, yang sarat dengan lemak tunggal. Plus, kacang kaya akan serat, kata Stephen T. Sinatra, MD. " “Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat."

10. Kedelai
Konsumsi kedelai mampu menurunkan kolesterol. Kedelai menjadi sumber protein, rendah lemak jenuh, sehingga baik bagi kesehatan organ jantung. Sumber alami dari kedelai, seperti tempe, tahu, dan susu kedelai yang menjadi tambahan bagus untuk semangkuk oatmeal atau sereal gandum.

 

Gejala awal munculnya penyakit jantung:

  • Nafsu makan hilang
  • Tubuh mudah lelah
  • Sesak nafas
  • Merasa mual (karena adanya pembengkakan dibagian dalam perut)
  • Rasa gelisah yang tidak wajat
  • Mudah mengantuk
  • Detak jantung tidak normal, bisa terlalu lambat atau terlalu cepat
  • Gampang terkejut, sehingga mengakibatkan denyutan jantung tidak beraturan
  • Perasaan sakit dibagian bahu, pinggang dan leher
  • Perasaan nyeri yang amat sangat pada tangan
  • Sangat mudah sakit kepala ketika terkena paparan sinar matahari
  • Merasakan nyeri di bagian dada
  • Pembengkakan di bagian kaki (karena terjadi pengendapan cairan dalam jaringan tubuh)
  • Muncul keringat, padahal tidak melakukan aktivitas berat.

Tidak ada komentar

Tingalkan Komentar