Kesehatan Tubuh Dan Kulit Tentang Manfaat Yoghurt

10 July 2018 | 00:01:35 0 Komentar
Image

Kesehatan Tubuh Dan Kulit Tentang Manfaat Yoghurt.

 

Teknologi pada zaman sekarang tidak hanya digunakan untuk membuat alat elektronik super canggih, gaya hidup modern membuat perkembangan semakin pesat dari cara berpakaian sampai dengan munculnya berbagai jenis makanan saat ini. Banyak masyarakat mulai menyadari dan menjalankan pola hidup sehat dan juga mengkonsumsi makanan sehat setiap hari. Hal ini berkaitan dengan banyaknya makanan siap saji yang mengandung lemak banyak di pasaran, namun dalam jangka lama berpengaruh pada kesehatan. Makanan dan minuman sehat semua orang pasti suka, ada 1 minuman inovasi baru yang bernama yoghurt. Minuman ini rasanya sangat segar, dibuat dari hasil fermentasi susu yang mempunyai rasa asam sedikit tajam. Dalam pembuatan minuman yoghurt memerlukan waktu yang panjang, karena berasal dari susu dalam membuatnya pun melewati proses cukup lama.
 

Cabang Ilmu Biologi  Apa Saja Yang Harus Diterapkan Jika Membuat Yoghurt ?
 

Cabang Bioteknologi, karena di cabang ini kita mempelajari bagaimana cara memanfaatkan makhluk hidup (bakteri, fungsi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa. Sebagai contoh Yoghurt, dibuat dari susu dengan memanfaatkan Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :

1. Menjaga Kesehatan Tulang Tubuh

Pada dasarnya susu merupakan bahan utama dan sebagai bahan utama dalam pembuatan yoghurt. Jadi minuman yogurt punya kandungan vitamin D dan kalsium yang banyak seperti susu, berguna untuk memperkuat tulang tubuh anda. Menjaga tulang dari berbagai serangan penyakit seperti osteoporosis bisa dilakukan mulai dari sekarang yaitu rutin mengkonsumsi yoghurt setiap hari. Minuman yoghurt sangat baik dikonsumsi terutama manula.

2. Membantu Melancarkan Organ Pencernaan

Yogurt berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan karena memiliki rasa asam yang cukup tinggi. Yoghurt mengandung banyak probiotik seperti buah-buahan maupun makanan fermentasi lainya, walaupun mengandung bakteri, namun yang dimaksud disini bukan bakteri jahat. Kandungan probiotik bisa membantu melancarkan usus dalam mencerna makanan dengan baik.

3. Membantu menurunkan tekanan dalam darah

Bagi penderita hipertensi yoghurt mempunyai banyak zat kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tanpa efek samping. Minuman ini bisa sebagai pengganti susu atau jus terutama pada pagi hari. Rasa asam yoghurt menyegarkan baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

4. Mampu Meningkatkan Imun Kekebalan Tubuh

Nutrisi banyak terkandung dalam yogurt termasuk mineral dan vitamin jauh berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit seperti bakteri dan virus.

5. Sel Darah Putih Lebih Kuat

Proses fermentasi yoghurt banyak mengandung probiotik untuk menguatkan dan menjaga sel darah putih dalam memerangi penyakit. Melawan infeksi dan memakan racun yang ada di dalam darah merupakan tugas dari sel darah putih maka memerlukan banyak mungkin probiotik tersebut.

6. Mengurangi dan mencegah Infeksi Jamur

Jamur bisa menginfeksi tubuh kita dan sangat berbahaya, biasanya jamur mudah menyerang alat kelamin perempuan, yogurt berperan sangat penting karena mengandung asam yang kuat, nama lain anti bakteri serta infeksi jamur.

7. Terhindar Penyakit Usus

Cara melindungi usus dengan benar yaitu mengkonsumsi makanan hasil fermentasi. Usus bisa dibilang sedikit sulit untuk penyembuhannya. Yoghurt disini bisa menyembuhkan penyakit usus karena salah makan yang bisa menyebabkan luka, seperti asam maupun pedas.

8. Mengurangi Diare

Kultur aktif yang terdapat dalam yogurt bisa mengurangi terjadinya penyakit perut, maka dari itu perut bisa mencerna makanan dengan benar kembali, maka penyakit diare bisa cepat berhenti.

9. Membantu Program Diet

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program diet, bisa mengkonsumsi yogurt sebagai menu minuman diet dan tidak selalu mengkonsumsi jus jeruk. Kalium dan vitamin C yang terkandung dalam yogurt, berguna untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

10. Terhindar Kanker Usus Besar

Masyarakat banyak yang takut salah satu jenis penyakit kanker yaitu kanker usus besar. Wajib menjaga asupan makanan, karena organ usus sangat rentan terhadap serangan kanker. Kultur aktif pada yoghurt bisa melindungi anda dari bahaya tersebut.

Apa Akibatnya Bila Minum Yoghurt Terlalu Banyak Dalam Sehari?

Yoghurt atau yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Bila minum Yoghurt dalam jumlah banyak akan muncul gejala alergi laktosa, maka dianjurkan minum yoghurt secukupnya saja. Jangan terlalu banyak. Namanya saja yogurt, susu asam laktat hasil fermentasi. Yogurt itu kan susu asam. Jadi jika terlalu banyak minum bisa kena sakit perut, dan yang paling parah bisa terkena maag atau radang lambung.


Bagaimana Cara Membuat Yoghurt Dan Bahan Apa Saja Yang Di Butuhkan?

1. Untuk biang yoghurt, siapkan satu sendok teh yoghurt polos untuk per 500 ml susu.

2. Seluruh peralatan harus dari bahan non logam, misalkan stainless steel untuk merebus, pengaduk kayu, dan wadah plastik untuk memeram

3. Mengatasiberkata dan tertawa selama membentuk yoghurt agar susu tidak tercemari bakteri yang dapat menjegal fermentasi

4. Larutkan susu bubuk sesuai petunjuk dalam kemasan, lalu panaskan susu hingga beruap, tetapi tidak perlu sampai mendidih, sekitar 50-60 derajat celsius, selama dua menit. Segera matikan api, aduk susu hingga suam-suam kuku, yaitu sekitar 30-40 derajat celsius

5. Campurkan biang yoghurt, lalu aduk. Tuang ke dalam gelas-gelas plastik dan tutup rapat. Diamkan pada suhu kamar selama delapan jam, lalu simpan dalam lemari es sampai saat dikonsumsi

6. Guna memastikan pembuatan yoghurt berhasil, periksa susu yang sudah dibubuhi 4-5 jam setelah diperam. Apabila tidak berkepal-kepal dan tidak beraroma asam, berarti yoghurt rusak

7. Jika suka yoghurt yang padat, larutkan susu bubuk 3-4% lebih banyak daripada anjuran dalam kemasan atau panaskan susu lebih lama hingga volumenya tinggal sedikit.

 

Apakah Bisa Membuat Yoghurt Dari Bahan Susu Kedelai?

Bisalah, yoghurt bisa dibuat dari bahan susu apa saja. ex:susu sapi,susu bubuk,susu kedelai,susu non fat,dll. Pembuatan yoghurt merupakan proses fermentasi dari gula susu (laktosa). jadi susu apa aja bisa.

Caranya:

1. Siapkan 1 sendok teh yoghurt polos untuk setiap 500 ml susu.

2. Seluruh peralatan membuat yoghurt harus dari bahan nonlogam. Contohnya, panci baja antikarat (stainless steel) untuk merebus, pengaduk kayu, dan wadah plastik untuk memeram.

3. Hindari bicara atau tertawa selama membuat yoghurt, agar susu tidak tercemari bakteri yang dapat menggagalkan fermentasi.

4. Larutkan susu bubuk (sesuai petunjuk dalam kemasan),bisa susu sapi,susu kedelai,ato susu lainnya kok.

5. Panaskan susu hingga beruap dan tidak perlu sampai mendidih (50-60 derajat Celcius) selama 2 menit. Matikan api.

6. Aduk-aduk hingga susu suam-suam kuku (30-40 derajat Celcius).

7. Campurkan biang yoghurt, aduk. Tuang ke dalam gelas-gelas plastik, tutup rapat. Diamkan pada suhu kamar selama 8 jam, lalu simpan dalam lemari es sampai saat dikonsumsi.

Tidak ada komentar

Tingalkan Komentar