Fad Diet

20 Juli 2018 | 02:50:35 0 Komentar
Image

Diet adalah kegiatan makan makanan dengan cara diatur untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Diet dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian orang melakukan diet untuk menjaga kesehatannya atas anjuran dokter atau karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga yang melakukan diet karena bermasalah dengan berat badannya.Program mengurangi asupan makanan yang dipraktekan untuk menjaga kesehatan biasanya dilakukan oleh penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, serta penderita penyakit lainnya yang diwajibkan melakukan diet. Diet juga biasanya dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Diet yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, mempunyai perbedaan cara dalam menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan (obesitas) dan menaikkan berat badan bagi yang kurang atau belum mancapai berat ideal. Diet juga biasa dilakukan oleh para atlit, biasanya mereka mengikuti diet untuk menjaga berat badan (untuk pembentukan atau menjaga bentuk otot mereka). Diet digunakan untuk menjaga berat badan yang stabil. Bagi mereka yang mempunyai berat badan yang ideal tetapi mudah sekali mengalami kenaikan berat badan biasanya akan melakukan diet untuk menjaga berat badan mereka supaya tetap stabil. Di dalam melakukan diet, diperlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Kasus ini diwajibkan karena dengan program/rancana diet yang tepat buat kita maka tujuan yang akan digapai dari diet yang dilakukan akan didapatkan. Program diet banyak macamnya dan setiap orang belum tentu akan sama hasilnya dalam menerapkan program diet yang sama. Oleh karena itulebih  baik sebelum anda melakukan diet, konsultasikan/beritahu dulu dengan dokter anda, ahli gizi, atau orang yang pakar/ahli dalam program-program diet. Diet tidak hanya diimplementasikan oleh orang dewasa saja, bisa juga di lakukan oleh banyak para remaja dan anak-anak melakukan diet. Kebanyakan program diet yang dilakukan akan berbeda dengan program diet yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada  program diet biasanya akan dikutkan berbagai resep/tips diet. Selain mengontrol pola makan biasanya program diet untuk menjaga berat badan terutama untuk menurunkan berat badan biasanya disertai dengan latihan fisik.

 

Kamu tahu apa itu fad diet? Fad diet adalah sebutan bagi diet yang menjanjikan hasil penurunan berat badan dalam jumlah banyak dan dalam waktu cepat. Berat badan yang berhasil diturunkan biasanya tidak bertahan lama. Fad diet biasanya tidak sehat, bahkan ada yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, banyak yang bertentangan dengan logika dan biokimia dasar. Fad diet menjadi populer karena menjanjikan hasil yang cepat dan relatif mudah dijalani. Hampir semua fad diet tidak mempromosikan penurunan berat badan yang wajar dan sehat. Penurunan berat badannya hanya bekerja untuk jangka pendek. Fad diet sendiri mempunyai banyak bentuk. Ada fad diet yang mempromosikan mengonsumsi makanan tertentu/spesifik (diet Cabbage Soup, diet Drinking Man, diet Grapefruit), kombinasi makanan tertentu (diet Zone), dan makan pada waktu tertentu (diet Rotation). Beberapa fad diet lain yang populer merekomendasikan untuk menghindari makanan tertentu. Misalnya menghindari karbohidrat pada diet Atkins, diet Protein Power, diet Carbohydrate Addicts, diet Life Without Bread, dan diet Sugar Busters. Jenis diet yang lain merekomendasikan makan sesuai golongan darah (diet Eat Right for Your Type), makan seperti manusia gua (diet Neanderthin). Menggunakan embel-embel nama selebriti (diet Suzanne Somer’s Get Skinny on Fabulous Food), embel-embel nama tempat terkenal (diet Beverly Hills, diet South Beach), embel-embel nama organisasi/perusahaan. Apakah fad diet ampuh mengatasi kegemukan? Tidak juga. Jika fad diet memang betul-betul ampuh, seharusnya masalah obesitas sudah teratasi sejak lama. Beberapa fad diet bertahan kepopulerannya selama bertahun-tahun. Buku-buku diterbitkan dengan keterangan “baru, revisi”, dan terjual laris. Sayangnya, tidak ada yang baru atau revisi pada dietnya, hanya untuk menarik generasi baru obesitas dan para pelaku diet yang frustasi. Alasan yang mendasari mengapa fad diet dapat menurunkan berat badan adalah karena asupan kalori dikurangi. Ketika asupan energi kurang dari pengeluaran energi, maka berat badan akan turun. Fad diet yang mengurangi pemasukan kalori, entah dengan menghindari karbohidrat, makan sup kubis sepanjang hari, atau menambahkan grapefruit (jeruk besar) setiap kali makan, akan menurunkan berat badan. Jika dilakukan dalam jangka panjang memang bisa menjaga berat badan. Tentu saja, hampir tidak ada yang mau selamanya makan sup kubis, atau selamanya pantang karbohidrat. Sehingga orang akhirnya berhenti berdiet dan berat badannya naik kembali seperti sebelum diet, bahkan ada yang beratnya naik melebihi semula. Belum lagi jika ditinjau dari segi kesehatan.

Cara Mengenali Fad Diet

American Heart Association memberikan beberapa tips untuk mengenali fad diet.

  1. Apakah pada diet itu ada semacam makanan ajaib? Tidak ada makanan super atau bahan makanan ajaib yang bisa menghapuskan efek jangka panjang dari makan berlebihan dan kurang aktivitas.
  2. Hati-hati terhadap diet yang mengklaim penurunan berat badan yang cepat (misal, 7 kg dalam seminggu). Meskipun kelihatannya menarik, berat badan turun disebabkan hilangnya cairan, bukan lemak. Program penurunan berat badan yang baik menargetkan tidak lebih dari sekitar 0,5 – 1 kg per minggu.
  3. Ciri lain dari fad diet adalah menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa faktor yang paling penting untuk keberhasilan jangka panjang penurunan berat badan adalah aktivitas fisik.
  4. Waspadai juga aturan mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah yang tak wajar, atau pantang makanan tertentu. Misal sup kubis untuk sarapan, makan siang, dan makan malam; pantang produk susu; pantang karbohidrat.
  5. Melarang makanan tertentu atau seluruh kelompok makanan, selain menjadi tidak sehat, dapat meningkatkan kemungkinan bahwa seseorang akan curang/cheating, makan dengan serakah, atau menyerah berdiet.
  6. Menu dan jadwal makan yang ketat dan menyiksa. Diet yang baik adalah yang dapat diikuti seumur hidup, bukan hanya seminggu atau sebulan.

Fad diet tidak direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, karena tidak berlaku untuk jangka panjang. Memang berat badan akan turun dalam waktu singkat, namun percuma jika setelah diet berakhir berat badan kembali naik seperti semula. Semakin diulang, penurunan berat badan akan semakin sulit, akhirnya menimbulkan frustasi, rasa bersalah, dan hilangnya kepercayaan diri. Dari sudut pandang gizi, banyak fad diet yang kekurangan nutrisi penting. Misalnya, diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat (seperti diet Atkins) yang rendah vitamin E, A, tiamin, B6, folat, kalsium, magnesium, besi, seng, kalium, dan serat makanan. Selain itu, juga tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Di sisi lain, ketika orang diperbolehkan untuk memilih makanan dari semua kelompok makanan, diet mereka cenderung bertahan jangka panjang dengan gizi yang memadai dan sehat.

Kesimpulannya, kebanyakan fad diet tidak menghasilkan penurunan berat badan jangka panjang, dan sering tidak mengandung nutrisi yang memadai untuk dijalani dalam jangka panjang.

                                                                                                                                                           

Tidak ada komentar

Tingalkan Komentar