INSTALASI GAS MEDIS ADA DI EKATALOG LKPP HARGANYA MAHAL?

29 Aug 2023

INSTALASI GAS MEDIS ADA DI EKATALOG LKPP HARGANYA MAHAL? 

Benarkah instalasi gas medis sudah hadir di e-katalog? Kalau sudah, kenapa harganya begitu jauh berbeda dengan harga sebelum tayang di e-katalog ya?

Kami mengulas produk instalasi gas medis yang ada di e-katalog baik dari produk-produknya serta apa saja yang diperoleh oleh pelanggan hingga kewajaran harga dari instalasi gas medis yang akan dibeli melalui katalog tersebut. Yang diperoleh pelanggan dengan membeli produk sistem instalasi gas medis dan vakum medis akan memperoleh sentral gas medis maupun vakum medis sesuai jenis gas yang akan dibeli, dengan syarat minimal pembelian 10 titik untuk masing-masing gas supaya bisa mendapatkan sentral gas medis maupun vakum medis, misal membeli 10 titik outlet Oksigen, 20 titik outlet vakum, 10 titik outlet udara tekan medis (medical compressed air), maka pembelian paketnya akan langsung mendapatkan sentral gas dan vakum medis. Paket yang dimaksud diatas sudah termasuk barang-barang atau komponen-komponen instalasi gas medis dan vakum medis.

Adapun barang atau komponen yang dimaksud antara lain sentral gas medis, pipa tembaga mulai dari sumber sentral gas medis hingga ke ujung outlet atau inlet gas atau vakum medis, zone valve (katup wilayah), alarm wilayah dan lokal, outlet atau inlet (terminal outlet) gas dan vakum medis, hingga bedhead (wall duct) dengan bahan aluminium dan design yang sangat sesuai untuk ruangan-ruangan medis di Rumah Sakit atau Puskesmas. Dan tidak terlewat adalah pengerjaan pemasangan peralatan-peralatan yang di dapatkan tersebut, hingga pengujian sampai dengan sertifikasi kelayakan terhadap produk yang sudah dibeli tersebut. Tak lupa juga PERENCANAAN serta CETAK BIRU hasil instalasi dilakukan juga oleh kami sebagai penyedia di ekatalog. Perencanaan yang dilakukan disini berbeda dengan yang dilakukan oleh sistem tender atau pemeliharaan sarana prasarana Rumah Sakit. Yuk kita simak pembahasan detailnya dibawah ini.

Produk instalasi gas medis dan vakum medis yang kami dapat sama saja dengan produk yang dulu kami tenderkan saat memasang di Rumah Sakit. Lalu apa yang membedakan dari produk yang tayang di ekatalog ini?

Produk instalasi Gas Medis dan Vakum Medis yang tayang di E-katalog LKPP saat ini komponen-kompionen dasarnya sudah menjadi komoditi Alat Kesehatan (ALKES), dimana ijin edar alat kesehatannya diterbitkan langsung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga produk-produknya terjamin sebagai peralatan yang dapat senantiasa mengutamakan keselamatan pasien. Oleh karenanya produsen atau pabrikan serta distributor alat kesehatan instalasi gas dan vakum medis dapat selalu termonitor pelayanan dan distribusinya, juga lokasi serta kemampuan pelayanan purna jualnya.

Di samping itu produk peralatan utama instalasi gas dan vakum medis sudah mulai mampu diproduksi di dalam negeri. Salah satu produk instalasi gas dan vakum medis bermerek FRES adalah sebuah produk instalasi gas dan vakum medis pertama di Indonesia yang diproduksi dan memiliki merek dagang yang diakui oleh kementerian hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia. Serta memiliki izin edar produk dalam negeri pertama di Indonesia yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan Republik Indonesia atas hasil produksinya. Oleh karenanya pembelian produk instalasi gas medis dianjurkan untuk menggunakan produk dalam negeri.

Produk sama saja dengan produk yang dulu kami tenderkan saat memasang di Rumah Sakit. Produk di e-katalog ini kenapa lebih mahal sedangakan sudah produk dalam negeri?

Keselamatan pasien menjadi yang utama melalui peralatan-peralatan yang sudah dilengkapi dengan izin edar alat kesehatan instalasi gas medis dan vakum medis, serta jaminan kesediaan suku cadang menjadi nilai utama dari instalasi gas dan vakum medis ini. Dahulu saat masih sering tender, dimana instalasi gas medis dan vakum medis yang dipasang baru di gedung Rumah Sakit, langsung masuk dalam paket pekerjaan konstruksi, sipil bangunan gedung. Bila akan melakukan penambahan maka akan masuk dalam anggaran pemeliharaan sarana prasarana gedung atau bahkan dimasukkan dalam pengadaan OKSIGEN MEDIS atau GAS MEDIS LAINNYA, bahkan saat ini yang sedang populer yaitu pengadaan dengan cara KSO atau Kerjasama Operasional antara pemasangan instalasi gas medis serta pengadaan OKSIGEN baik gas maupun cair di Rumah Sakit. KSO adalah dimana rumah sakit diberikan instalasi gas medis dan vakum medis gratis tanpa anggaran pembayaran sedikitpun dalam sistem pemasangan maupun pengadaannya. Beban pembayaran atau biayanya di masukkan ke mana ya? Beban pembayaran/biayanya dimasukkan dalam biaya pemakaian oksigen rumah sakit setiap bulannya (atau jangka waktu tertentu). Nah pengadaan seperti ini biasanya sangat membengkak sekali saat rumah sakit melakukan pembayaran oksigen dengan sistem KSO.

Kalau perbedaan pengadaan antara TENDER dan EKTALOG ini lebih nyata pada peralatan-peralatan atau komponen-komponen instalasi gas medis dan vakum medis. Komponen atau peralatan tersebut antara lain sentral gas medis dan vakum medis: Sentral Manifold Oksigen; N2O; CO2; N2; Udara Tekan Medis – Sentral Kompresor Medis (Udara Tekan Medis) – Sentral Vakum Medis. Juga Alat Kesehatan berupa Alarm Gas Medis dan Vakum Medis, Serta peralatan yang berhubungan langsung dengan instalasi gas medis dan vakum medis seperti: Flowmeter Oksigen (Dinding, yang terhubung ke terminal unit / outlet) – Suction Regulator atau Vakum Regulator (Dinding, yang terhubung ke terminal unit / inlet).

Perbedaan mencolok antara pengadaan langsung maupun tender dibandingkan dengan e-katalog adalah pada sistem pemipaan. Pada pengadaan langsung maupun tender biasanya ukuran atau dimensi pipa biasanya sudah ditentukan oleh perencana atau bahkan calon supplier yang akan mengikuti pengadaan langsung maupun tender instalasi gas medis dan vakum medis pada sebuah rumah sakit. Sehingga pelaksanaan berikutnya adalah mencari peserta tender dengan harga termurah yang dapat memenuhi spesifikasi serta rencana anggaran belanja yang sudah ditentukan sebelumnya. Berbeda halnya dengan pengadaan melalui e-katalog di mana kami sebagai penyedia dalam hal ini PT. Framed Recindomas Sejahtera dengan merek FRES, akan melakukan perencanaan ulang terhadap kebutuhan rumah sakit, dimana perencanaan terberat adalah pada SISTEM PEMIPAAN (PIPA TEMBAGA STANDAR MEDIS).

Permintaan benar-benar dihitung berdasarkan perencanaan yang sesuai dengan standar instalasi gas dan vakum medis yang berlaku. Sehingga biasanya bila perencanaan dilakukan berdasarkan standar baik menggunakan standar Australia, HTM, ISO/SNI dan lain sebagainya akan memperoleh dimensi atau ukuran pipa yang sangat besar sekali. Hal yang sering kami jumpai di dalam melakukan perencanaan adalah semakin kecil total panjang pipa dengan jumlah Terminal outlet yang cukup banyak maka dibutuhkan dimensi pipa yang cukup besar. Sedangkan bila Terminal outlet yang cukup banyak tetapi total panjang pipa juga besar maka dimensi pipa tidak terlalu besar.

Misalnya dengan memasang Terminal outlet oksigen sebanyak 200 titik dengan panjang pipa sekitar 2.500 meter, maka dibutuhkan minimal pipa dari sentral Oksigen sebesar (Aktual) diameter 3/8 inch (9,52mm) - 3 1/8 inch (79,38mm), dimana idealnya menggunakan pipa diameter 3/8 inch (9,52mm) hingga 4 1/8 inch (104,78mm). Dari contoh ini bisa kita bayangkan sangat jauh sekali kondisi-kondisi dimensi pipa yang terpasang di Rumah Sakit atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan saat ini. Hal ini memang masih sulit diuji di Indonesia, baik oleh tim penguji AHLI maupun tim penguji lainnya, dikarenakan minimnya peralatan uji terhadap TEKANAN vs VOLUME yang sesuai standar instalasi gas dan vakum medis. Di Indonesia beberapa Rumah Sakit atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan baik yang mulai berkapasitas tempat tidur/TT (bed) 50-100TT (D), 100-200TT (C), 200-250TT (D), >250TT (A) tetap terpasang pipa paling besar antara diameter 3/8 inch hingga 1 1/8inch atau bila belinya lebih mahal sedikit dipasang 3/8 inch (9,52mm) hingga 1 5/8 inch (41,28mm) atau yang lebih besar sedikit yaitu 2 1/8 inch (53,98mm), tapi hal ini jarang terjadi.

Hal-hal di atas yang membuat perbedaan harga yang sangat signifikan. Oleh karenanya Mulailah melakukan pengadaan serta instalasi oleh perusahaan pengadaan atau instalatur yang benar-benar memahami standar perencanaan, utamanya perencanaan pada sistem pemipaan. Perhitungan atau design yang salah akan berakibat Rumah Sakit atau Fasilitas Pelayanan gagal menjaga keselamtan pasiennya.